Angel Band

Gaya Hidup

Cara Yang Benar Merawat Baju Batik Solo

Hampir semua orang minimal memiliki satu buah baju batik di lemari nya. Terlepas dari jenis apapun barang yang Anda punya, tentu kita harus bisa merawatnya begitu pula dengan batik. Merawat baju batik memiliki cara yang berbeda dengan pakaian yang biasa Anda kenakan sehari – hari, bila tidak benar merawatnya akan membuat baju batik Anda cepat rusak. Namun tahukah Anda bagaimana cara yang benar merawat batik? Simak lebih lanjut artikel ini.

Baju batik memiliki banyak motif, model, dan warna yang beragam, tak terkecuali batik solo. Batik solo sangat terkenal dengan keanekaragaman motif nya dan memiliki nilai seni yang tinggi. Untuk itu penting bagi Anda menjaga kualitas batik agar tidak cepat pudar dan rusak. Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu Anda merawat baju batik dengan benar.

  1. Mencuci
    Proses mencuci tentunya dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan dari baju batik. Khusus untuk baju batik, pilihlah sabun yang dapat melembutkan pakaian. Selain itu, cucilah tanpa menggunakan mesin cuci dan sikat melainkan cuci dengan tangan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas batik agar tetap awet.
  1. Menjemur
    Umumnya menjemur pakaian yang benar adalah dengan menjemur nya tidak di bawah matahari langsung, hal ini berlaku pula pada baju batik. Ini berguna untuk menjaga warna batik agar tidak cepat pudar. Bisa juga Anda jemur di dalam ruangan dengan cara menganginkan nya, sehingga kualitas warna yang dimiliki batik tetap terjaga.
  1. Menyimpan
    Menyimpan baju batik juga tidak sembarangan lho. Simpanlah baju batik ke dalam plastik sebelum menyimpannya ke lemari Anda, sehingga batik terhindar dari ngengat yang dapat merusak pakaian. Untuk menjaga kualitasnya, hindari penggunaan kapur barus. Kalau perlu gunakan wewangian dengan cara melapisi batik terlebih dahulu dengan koran, kemudian semprot kan diatas lapisan koran tersebut.

Itulah beberapa tips yang benar untuk menjaga batik solo Anda tetap awet, sehingga bisa digunakan kembali di berbagai kesempatan acara. Semoga informasi diatas dapat Anda terapkan pada batik yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *