Angel Band

Arsitektur

Desain stadion masa depan, teknologi canggih dan efisien

Hasil gambar untuk foto stadion

Keberlanjutan dan teknologi harus mengubah infrastruktur olahraga di masa depan. Desain dan fungsi stadion sepakbola saat ini telah menjadi lebih modern dan berkelanjutan. Stadion ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pertandingan sepak bola, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan dan acara lainnya. Menurut We Build Value Magazine, Rabu (31/7/2013), masa depan arena olahraga mungkin akan menjadi kompleks infrastruktur yang bisa menjadi pilihan untuk menyelenggarakan berbagai acara baik di sektor hiburan maupun budaya. Konsep ini telah diterapkan sejak 2004 di Amerika Serikat. Pada saat itu, Sports Marketing Quaterly menyatakan dalam sebuah studi Liga Sepakbola Nasional bahwa dampak pembangunan stadion baru meningkatkan penjualan tiket sebesar 54 persen dan iklan sebesar 202 persen.

Sejak itu, baik investor swasta dan perusahaan induk FIFA telah menetapkan pedoman untuk pembangunan stadion masa depan. FIFA bahkan mengharapkan stadion baru akan dibangun dengan model yang berkelanjutan. Pada Piala Dunia sepak bola Rusia tahun lalu, Asosiasi Sepak Bola telah mengembangkan pedoman yang menyatakan bahwa infrastruktur olahraga harus memiliki efisiensi energi maksimum. Efisiensi energi ini dapat dicapai melalui penggunaan sinar matahari untuk mengurangi konsumsi, menghemat air, memastikan pembuangan limbah yang efisien dan menggunakan bahan bangunan yang berkelanjutan.

Contohnya adalah stadion Al Bayt, dibangun untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar. Kompleks olahraga yang dibangun oleh Slini Impreglio menawarkan ruang untuk sekitar 60.000 penonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *