Angel Band

Kesehatan

Ini Penyebab Penyakit Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Karena tak jarang seseorang bisa terkena penyakit ini dengan begitu saja tanpa terdeteksi. Karena memang seseorang baru bisa diketahui mengalami penyakit ini dengan mengukur tekanan darahnya terlebih dahulu. Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah berada pada angka 130/180 mmHg atau bahkan lebih. Kondisi hipertensi yang tidak segera ditangani akan beresiko menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti stroke, sakit jantung, gangguan ginjal, hingga kebutaan.

Pada seseorang yang memiliki riwayat di keluarganya (orang tua, saudara, kakek nenek, dll) menderita penyakit hipertensi akan lebih rentan terkena penyakit ini. Namun meskipun begitu, tanpa faktor genetik sekalipun, Anda juga bisa berpotensi mengalami penyakit ini. Sehingga memang benar-benar harus waspada jika tidak ingin menderita kondisi ini. Adapun penyebab hipertensi selain karena faktor genetik yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Usia.
    Semakin bertambah usia seseorang, maka organ-organ dan pembuluh darah dalam tubuhnya juga akan semakin mengalami perubahan dan penurunan. Termasuk juga untuk kondisi ginjal dan pembuluh darah. Ginjal yang sudah menurun fungsinya akan menyebabkan keseimbangan garam dan cairan dalam tubuh terganggu. Sedangkan perubahan yang terjadi pada pembuluh darah karena faktor usia akan menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi kaku. Umumnya resiko terkena penyakit hipertensi ini semakin meningkat ketika menginjak usia 35 tahun ke atas.
  2. Pola makan yang tidak sehat.
    Mengkonsumsi makanan menjadi kegiatan sehari-hari yang selalu dilakukan oleh manusia. Namun terkadang jenis asupan harian yang dikonsumsi setiap harinya jauh dari kata sehat. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu hipertensi. Karena jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan berkolesterol tinggi akan meningkatkan resiko penyakit hipertensi.
  3. Kelebihan berat badan atau obesitas.
    Memiliki berat badan berlebih atau obesitas memang sering menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya, termasuk juga untuk penyakit hipertensi. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh yang gemuk membuat tubuh membutuhkan banyak darah agar bisa memasok oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Semakin meningkat volume darah, maka semakin meningkat juga tekanan dalam pembuluh darah. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan berat badan yang ideal agar terhindar dari resiko hipertensi.
  4. Tidak pernah berolahraga.
    Pada seseorang yang jarang melakukan olahraga memiliki detak jantung yang lebih tinggi dan rentan mengalami obesitas. Kondisi inilah yang memicu jantung harus bekerja dengan lebih keras dan beresiko menyebabkan hipertensi. Maka dari itu, luangkan waktu untuk berolahraga secara rutin setidaknya selama 20 menit setiap harinya. Anda bisa melakukan jenis olahraga yang sesuai dengan minat Anda, seperti berjalan cepat, lari, bersepeda, dll.
  5. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.
    Baik itu perokok aktif maupun pasif memiliki resiko yang sama untuk bisa terkena penyakit hipertensi. Hal ini lantaran zat kimia yang terkandung dalam tembakau menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Kondisi inilah yang memicu peningkatan tekanan pada pembuluh darah dan jantung.
  6. Kondisi stress.
    Stress yang dibiarkan terus-menerus akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Salah satunya bahkan bisa menyebabkan seseorang beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini lantaran karena terjadi peningkatan hormon stress, seperti adrenalin dan kortisol ketika sedang menderita stress secara berkepanjangan. Maka dari itu, kelola stress dengan baik agar tidak memicu penyakit hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *