Angel Band

Teknologi

Mekanisme Penangkal Petir Flash Vectron

Selama menggunakan penangkal petir untuk bangunan, setidaknya Anda harus paham cara kerja penangkal petir tersebut. Apabila Anda belum mengetahuinya, artikel ini akan membantu.

Sebenarnya cara kerja penangkal petir flash vectron berbasis Early Streamer Emission (ESE). Sistem ini bekerja secara aktif menggunakan mekanisme mengumpulkan ion dan melepaskannya dalam jumlah yang besar ke udara sebelum adanya sambaran petir. Bahwa pelepasan ion ke udara tersebut dimaksudkan untuk membuat jalur petir supaya memilih ujung terminal petif flash vectron di area sekitarnya. Melalui sistem ini memungkinkan area perlindungan lebih luas ketimbang sistem anti petir konvensional.

Sewaktu muncul awan mendung di atas bangunan yang terlindung penangkal petir flash vectron, elektroda di dalam alat berkerja dengan mengumpulkan dan menyimpan energi dari awal. Melalui mekanisme tersebut nantinya awan bermuatan listrik di dalam kapasitor dapat diisi ulang dan dikirimkan ke unit Ion Generator. Sewaktu banyak energi petir di atmosfer, selanjutnya awan menginduksi unit Ion Generator. Informasi ini didapat dari dalam unit Ion Generator yang nantinya dijadikan media pemicu pelepasan energi. Dampak dari pelepasan energi serentak tersebut menghasilkan lidah api sebagai penuntun sambaran dan selanjutnya disambut oleh petir.

Proses munculnya petir dikarenakan perpindahan muatan energi negatif (elektron) ke muatan positif (proton). Lompatan bunga api listrik terjadi dengan tahapan-tahapan tertentu. Pertama, pemampatan muatan listrik di awan. Pada dasarnya terjadi penumpukan di atas awal sebagai listrik muatan negatif, di bagian tengah merupakan listrik positif, sedangkan bagian dasar adalah negatif. Di bagian inilah muatan negatif berkumpul dengan muatan positif yang menyebabkan listrik terlihat berlontaran.

Dalam pengklasifikasiannya, petir bisa terjadi antara awan dengan udara, awan dengan awan, awan dengan tanah, dan awan sendir.

Melalui mekanisme penangkal petir tersebut tentu Anda bisa melakukan antisipasi untuk terhindar dari bahaya sambaran petir. Oleh karena itu sistem perlindungan petir diminta mampu melindungi struktur bangunan maupun peralatan sambaran yang dipasang di penangkal petir.

Sekian sudah informasi yang bisa kami sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di lain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *