Angel Band

Teknologi

Skenario mengerikan ketika asteroid 370 meter ini menabrak

Gambar terkait

Ada asteroid selebar 370 meter yang telah mengorbit bumi selama beberapa dekade. Meskipun sangat tidak mungkin jatuh ke bumi, konsekuensinya bisa, jika menjadi kenyataan, akan dihancurkan, terutama di wilayah Amerika Utara.

Asteroid Apophis 99942 telah lama diklasifikasikan sebagai batu di dekat bumi. Dia menimbulkan kepanikan pada Desember 2004 ketika para ilmuwan memperkirakan risiko 3% mengenai Bumi pada 2029.

Pada tahun 2006, ketika para ilmuwan terus menyelidiki, kemungkinan jatuhnya asteroid ditunda hingga tahun 2036. Revisi telah dibuat dan pada saat ini ada sedikit kemungkinan bahwa 1 dari 150.000 Apophis 99942 akan jatuh di Bumi pada tahun 2068.

Dengan probabilitas rendah ini Apophis tidak akan pernah bisa mencapai permukaan bumi. Tetapi ketika itu menjadi kenyataan, fisikawan terkenal Dr. Neil deGrasse Tyson menghasilkan skenario bencana.

Dalam salah satu ceramahnya di tahun 2008, ia memperkirakan bahwa Apophis akan jatuh sekitar 800 kilometer di sebelah barat Santa Monica, daerah pantai populer Los Angeles, di Amerika Serikat. Musim gugur akan memicu tsunami.

“Jika jatuh di tengah lubang kunci, itu menyentuh Pasifik hingga kedalaman 4 kilometer, tempat ia meledak,” Dr. Tyson.

Peristiwa itu akan memicu tsunami dari posisi ini dengan ketinggian 15 meter. “Keunikan”, tsunami pertama tiba dan kemudian kembali ke laut untuk memicu tsunami dari gelombang kedua.

“Apa pun yang ada di pantai akan dibawa ke laut dan tsunami berikutnya akan membawanya kembali ke pantai, dan semua rumah bernilai jutaan dolar di Malibu akan dibawa ke laut dan dibawa kembali,” katanya.

“Jadi yang terjadi adalah semua hal, semua rumah, pabrik, akan menerangi pasukan ablatif yang membersihkan seluruh pantai barat Amerika Utara,” katanya.

Untungnya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa Apophis sangat mungkin menabrak tanah. Dan, rata-rata, asteroid seukuran Apophis menghantam Bumi setiap 80.000 tahun. Namun, jenis ancaman asteroid ini tidak bisa diremehkan dan harus diantisipasi khususnya oleh badan antariksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *