Angel Band

Edukasi

Syarat-Syarat Menjadi Guru Profesional

Guru adalah profesi yang sangat mulia karena banyak karena guru mereka bisa sukses. Meskipun guru itu hanya seorang guru, ia mampu mencetak orang-orang sukses di atasnya. Untuk menjadi guru profesional, seorang guru akuntansi misalnya harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjadi guru.

Kompetensi pedagogis, yaitu kemampuan untuk mengelola pembelajaran siswa, termasuk pemahaman siswa, merancang dan bekerja dengan pembelajaran, mengevaluasi hasil eksplorasi sains dan mengembangkan siswa untuk mewujudkan berbagai kemungkinan yang berbeda (standar pendidikan nasional, penjelasan dari Pasal 28 (3) (a) Ini berarti bahwa guru harus dapat mengelola kegiatan pembelajaran dari awal dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi gerakan pembelajaran.Guru harus menguasai manajemen kurikulum perencanaan kurikulum, implementasi kurikulum dan evaluasi kurikulum, dan harus memiliki pemahaman tentang psikologi pendidikan, terutama berkaitan dengan kebutuhan dan pengembangan siswa, sehingga kegiatan belajar lebih bermakna dan berhasil.

Kompetensi pribadi adalah kemampuan kepribadian yang kuat, stabil, dewasa, bijak dan berwibawa untuk menjadi teladan bagi siswa dan karakter yang mulia. (SNP, penjelasan Pasal 28 (3) (b)). Ini berarti bahwa guru memiliki sikap kepribadian yang kuat, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi bagi siswa. Dengan kata lain, guru harus memiliki kepribadian yang patut dicontoh, maka ia dapat memimpin tri-center yang diusulkan oleh Ki Hajar Dewantoro, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. (untuk guru memberi contoh / contoh, di tengah memberi inisiatif, dan punggung memberi dorongan / motivasi).

Kompetensi profesional, yaitu kemampuan untuk mengendalikan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, sehingga siswa dapat memenuhi standar kompetensi yang dijelaskan dalam Standar Pendidikan Nasional (SNP, penjelasan Pasal 28 (3) (c)). Ini berarti bahwa guru harus memiliki wawasan yang luas ke dalam bagian penelitian atau mata pelajaran yang dapat diajarkan, bahkan penguasaan, adalah didaktik metodis dalam arti memahami ide-ide teoritis, dapat memilih model, strategi dan metode, yang juga dapat digunakan untuk kegiatan belajar. Guru juga harus memiliki wawasan yang luas tentang kurikulum dan dasar pendidikan.

Kompetensi sosial adalah kekuatan guru dan sektor populasi untuk berkomunikasi dan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, co-pendidik, staf pendidikan, orang tua / wali siswa dan penduduk (SNP, penjelasan Pasal 28 (3) (d)). Ini berarti bahwa ia menunjukkan kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial, baik dengan murid-muridnya atau dengan teman-teman, dengan direktur, bahkan dengan komunitas yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *