Angel Band

Teknologi

Charger Laptop Kamu Rusak? Berikut Cara Ampuh Memperbaikinya!

Bagi kalian para mahasiswa atau pengguna laptop, mungkin beberapa dari kalian sudah mengalami hal seperti charger laptop yang rusak, sehingga dapat pengisian daya baterainya tidak dapat terisi penuh dengan cepat dan maksimal. Bahkan, ada juga kejadian ketika bermain laptop harus terhubung dengan charger yang sudah dicolok ke listrik. Hal tersebut tentunya sangat menganggu kan? Kalian harus kemana-mana membawa charger agar bisa memainkan laptop, tentu sangat ribet dan membuang-buang tenaga. Apalagi saat sedang butuh-butuhnya kalian untuk menggunakan laptop, baik untuk bekerja atau mengerjakan tugas dari sekolah dan perkuliahan. Namun jangan khawatir guys, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki charger laptop yang sudah rusak. Menurut tipandroid, berikut ini adalah cara-caranya.

  1. Membongkar chasing charger

Hal yang pertama harus dilakukan adalah melakukan pembongkaran chasing charger menggunakan obeng untuk mendeteksi apakah charger tersebut rusak pada kabel, transistor, atau perangkat lainnya.

  1. Meneliti komponen charger

Dimulai dengan meneliti perbagian charger yang rusak, nah biasanya kerusakan pada sparepart akan ditandai dengan adanya bekas komponen sparepart yang hangus terbakar dan cenderung berbau dibandingkan dengan bagian-bagian lainnya. Jika sudah menemukan bagian tersebut, lepaskanlah menggunakan bantuan alat solder dan menyendirikan komponen tersebut.

  1. Meneliti MOSFET

MOSFET adalah perangkat keras vital yang berfungsi sebagai switch pada berbagai perangkat elektronik. Dalam sebuah charger, bagian ini berfungsi untuk mengatur aluran listrik yang disalurkan kepada baterai melalui kabel.

  1. Melakukan pengukuran MOSFET menggunakan multimeter

Lakukanlah pengukuran daya MOSFET menggunakan multimeter untuk mengetahui kapasistasnya. Hal ini berfungsi agar kita mengetahui seberapa besar kapasitas MOSFET yang dibutuhkan nantinya ketika mengganti bagian ini. Jika sudah, lakukanlah pergantian komponen MOSFET menggunakan solder dan timah dan dilanjutkan dengan memasang ulang bagian perbagian komponen charger sebelum dilakukan pengetesan.

  1. Test charger tanpa chasing

Jika komponen charger sudah terpasang dengan benar, mulailah pengetesan tanpa chasing dengan mencolokkannya pada stop kontak. Biasanya, kenormalan saat pengisian daya baterai akan ditandai dengan adanya lampu indicator berwarna putih, hijau, atau kuning. Jika sudah menunjukkanlampu indicator tersebut, lepaskan charger dari stop kontak dan pasang chasing chargernya. Kemudian, charger yang rusak sebelumnya sudah berhasil diperbaiki.

Nah, itulah langkah-langkah dari tipandroid untuk memperbaiki charger laptop kalian yang sudah rusak. Namun, kalian juga harus tetap hati-hati dalam memperbaikinya ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *