Angel Band

Lain Lain

Kemampuan yang Membedakan Kualitas Pemain Sepakbola

Masalah dalam sepakbola adalah Anda belajar bermain dengan cara yang salah: lari dulu, lalu buat keputusan dan persepsi akhir. Saya kehilangan banyak pemain terbaik karena kepalanya (fokus) tertuju pada bola. Mereka tidak melihat apa yang ada di sekitar mereka. – Arsene Wenger. Dominoqq telah mengutip, sepak bola mungkin tampak seperti permainan yang cukup sederhana. Namun, banyak hal yang bisa dilihat dari pertandingan tersebut jika melihat detailnya.

Menurut Wenger, ada milyaran situasi berbeda dalam sepak bola dan tidak ada situasi seperti sebelumnya. Tentu masuk akal karena dalam sepak bola setiap tim memiliki sebelas pemain di grid dan tiap pemain memiliki karakteristik dan skill yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi terciptanya situasi ini, termasuk gaya permainan, taktik dan sistem yang digunakan oleh manajer kedua tim dalam permainan.

Namun, dua faktor utama yang tampaknya berdampak signifikan pada permainan adalah kesadaran dan pengambilan keputusan. Kedua ciri ini memisahkan pemain terbaik yang bermain di level sepakbola yang lebih tinggi daripada mereka yang bermain di level yang lebih rendah.

Kesadaran dalam sepak bola adalah kesadaran dan kemampuan pemain untuk membaca dan merespon dengan cepat situasi di sekitarnya. Kesadaran tentunya sangat erat kaitannya dengan fokus, antisipasi, visi dan pengambilan keputusan. Sedangkan pengambilan keputusan adalah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan situasi.

Dalam sepak bola, pemain harus bermain dengan mata menghadap ke atas, bukan terpaku pada bola. Ini agar pemain memiliki pandangan / persepsi yang baik tentang situasi di sekitarnya dan agar pemain memahami apa yang terjadi dan apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Oleh karena itu, pemain harus mengangkat kepalanya dan memindai / memeriksa setiap situasi.

Seorang pemain sepak bola biasanya hanya memiliki waktu kedua untuk melakukan semua ini, terutama pada pertandingan dengan intensitas tinggi. Inilah mengapa kesadaran spasial dan positioning yang sangat baik serta kemampuan untuk berpikir cepat dan membuat keputusan yang bijak sangat penting dalam sepak bola. Pemain sepak bola terbaik selalu satu, dua atau tiga langkah di depan lawan.

Bagaimanapun, pemain sepak bola adalah manusia. Berbeda dengan robot yang dapat diprogram untuk mengambil keputusan tertentu secara konsisten dan melakukan teknik dengan sempurna dan akurat. Tentu saja manusia tidak bisa seperti itu. Hal ini dikarenakan terdapat aspek psikologis, neurologis, dan kognitif dari pemain itu sendiri yang sangat mempengaruhi keputusan yang dibuat oleh pemain dalam suatu situasi.

Tentunya, pemain yang terlanjur lelah akan memiliki kecenderungan untuk mengambil keputusan yang berbeda dibandingkan yang fresh. Hal ini disebabkan kelelahan saraf dan otot (kelelahan saraf dan otot) yang berakibat pada penurunan performa pemain. Pemain yang lelah cenderung melakukan tindakan yang tidak menghabiskan banyak energi dibandingkan pemain baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *